SMA Negeri 13 Banjarmasin

SMA Negeri 13 Banjarmasin
SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMA NEGERI 13 BANJARMASIN
Satria Multimedia

Program ROOTS – Anti Perundungan dan Cegah Kekerasan

       Program ROOTS merupakan model intervensi berdasarkan bukti ilmiah yang telah dikembangkan untuk mencegah perundungan di sekolah dengan melibatkan siswa sebagai agen perubahan untuk membantu menciptakan iklim yang positif di sekolah. Program Roots melibatkan peserta didik sebagai Agen perubahan dan guru sebagai Fasilitator.

         Adapun Agen Perubahan merupakan kumpulan peserta didik sebanyak 30 orang yang dipilih dari tiap sekolah untuk menyebarkan dan menanamkan nilai-nilai kebaikan dan anti-kekerasan di sekolah. Sedangkan Fasilitator Guru bertujuan untuk memfasilitasi diskusi yang dilakukan bersama Agen Perubahan dalam pertemuan Roots setiap minggunya, juga berperan dalam memfasilitasi peserta didik untuk melaporkan dan menindaklanjuti laporan perundungan atau kekerasan di sekolah.

 

 

       SMAN 13 Banjarmasin yang merupakan Sekolah Penggerak, melaksanakan Program ROOTS selama kurang lebih 2 bulan, terhitung sejak Sosialisasi pada hari Rabu, tanggal 15 September 2021, Pembukaan pada hari Rabu, tanggal 6 Oktober 2021 yang diresmikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Kal-Sel, Bapak  Drs. H. Muhammad Yusuf Effendi, M. AP., dan pertemuan berjumlah 11 x yang berakhir di ROOTS Day pada Rabu, tanggal 24 November 2021.

 

 

 

      Hakikatnya, Program ROOTS erat kaitannya dengan Penguatan Pendidikan Karakter peserta didik yang mana dalam masa pubertas mereka diharapkan dapat menjadi Agen Perubahan yang berpedoman Anti Perundungan dan Cegah Kekerasan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan mengajak teman-teman lainnya untuk berbuat hal yang sama.

 

 

 

 

Galleri Photo

Jejak Pendapat

Bagaimana pendapat anda tentang infromasi yang disampaikan melalui website ini?
 Baik
 Cukup
 Kurang